Jumat, 23 Mei 2014
ARTIKEL TENTANG 12 PRINSIP ANIMASI
1. Apa itu prinsip squash and stretch
Squash and
Stretch adalah upaya menambah efek lentur (plastis) pada objek atau figur
sehingga seolah-olah ‘memuai’ atau ‘menyusut’ sehingga memberikan efek gerak
yang lebih hidup. Penerapan squash and stretch pada figur atau benda hidup
(misal : manusia, binatang, creatures) akan memberikan “enhancement” sekaligus
efek dinamis terhadap gerakan/action tertentu, sementara pada benda mati
(misal: meja, gelas, botol) penerapan squash and stretch akan membuat mereka
(benda-benda mati tersebut) tampak atau berlaku seperti benda hidup.
2. Apa itu prinsip anticipation
Anticipation
adalah persiapan sebelum aksi, yang diikuti oleh sebuah aksi kemudian
penyelesaian aksi tersebut. Hal ini dapat membangkitkan ketegangan atau
kelucuan pada suatu aksi tertentu atau lebih mudahnya anticipation itu sebuah
gerakan yang berupa sebuah gerak persiapan sebelum pergerakan dilakukan atau
istilahnya ancangancang, seperti tokoh yang bangkit dari duduk harus
membungkukkan badannya terlebih dahulu sebelum benar-benar berdiri atau pada
gerakan memukul, sebelum tangan maju harus ada gerakan mundur dulu atau
sejenisnya. Dalam hal ini tokoh kartun dibuat agar tampak realistis bahwa
sebelum bergerak sang tokoh harus bersiapsiap terlebih dahulu. Kartun-kartun klasik
seperti popeye the sailor sering kali melakukan hal ini sebelum sang tokoh
berlari.Gerakan antisipasi bertujuan agar penonton memahami apa yang akan
terjadi berikutnya, jadi tidak langsung membuat orang tersebut misalnya
tercebur ke kolam renang atau jatuh terpeleset atau meninju orang tanpa
penonton tau apa penyebabnya. ini yang kadang dilupakan oleh orang-orang jadi
seakan-akan penonton telah memahami jalan pikiran sang animator, sehingga film
yang dilakukan tanpa adanya anticipation terdapat banyak keganjilan dan
keanehan karena sang animator tidak begitu memahami akan prinsip ini.
3. Apa itu prinsip staging
Staging
adalah gerak keseluruhan dalam sebuah adegan harus tampak jelas dan detail
untuk mendukung suasana atau “mood” yang ingin dicapai dalam sebagian atau
keseluruhan scene. Dalam hal ini sebuah kartun akan digambarkan menjadi sebuah
shot yang mencakup angel, framing, dan scane leght.
4. Apa itu prinsip straight ahead and pose to pose
Straight
ahead and pose to pose adalah gerak berdasarkan urutan dalam timing yang
bersifat kesinambungan.
straight ahead action adalah membuat animasi dengan animator menggambarkan satu persatu gambar, frame by frame, dari awal sampai selesai seorang diri.
kelebihan : gambar yg dihasilkan lebih konsisten karena dikerjakan oleh satu orang saja
kekurangan : pengerjaan jadi lebih lama dana yang digunakan lebih banyak karena bahan dan waktu yg lama mempengaruhi pada pembekakan biaya
Contohnya adalah film animasi buatan William Kentridge yang menggambar dengan karbon pada lembaran kertas yang besar.
straight ahead action adalah membuat animasi dengan animator menggambarkan satu persatu gambar, frame by frame, dari awal sampai selesai seorang diri.
kelebihan : gambar yg dihasilkan lebih konsisten karena dikerjakan oleh satu orang saja
kekurangan : pengerjaan jadi lebih lama dana yang digunakan lebih banyak karena bahan dan waktu yg lama mempengaruhi pada pembekakan biaya
Contohnya adalah film animasi buatan William Kentridge yang menggambar dengan karbon pada lembaran kertas yang besar.
Pose to
Pose adalah pembuatan animasi dengan seorang animator menggambarkan hanya
keyframe-keyframenya saja selanjutnya in-between atau interval antar keyframe
digambarkan oleh asistennya atau oleh animator lainnya.
kelebihan : pengerjaan ini lebih cocok untuk industri karena pengerjaan lebih cepat, karena melibatkan banyak sumber daya dana yang diperlukan lebih sedikit
contoh : gerakan orang berlari yang menggunakan frame gambar untuk memperlihatkan frame gambar terlihat lebih alami.
kelebihan : pengerjaan ini lebih cocok untuk industri karena pengerjaan lebih cepat, karena melibatkan banyak sumber daya dana yang diperlukan lebih sedikit
contoh : gerakan orang berlari yang menggunakan frame gambar untuk memperlihatkan frame gambar terlihat lebih alami.
5. Apa itu prinsip follow through and overlapping action
follow
through and overlapping action adalah pada saat tubuh dari karakter berhenti
dari suatu arah gerakan tertentu secara tiba-tiba misalnya, maka semua
bagian/elemen padah tubuh karakter tersebut tidak serta-merta berhenti, tapi
akan melanjutkan arah gerak semula. Misalnya bagian tangan, rambut yang
panjang, belali gajah, pakaian, atau ekor yang panjang. Hal inilah yang
dinamakan follow through.
Overlapping action adalah gerakan karakter yang berubah arah pada saat bagian/elemen karakter akan melanjutkan gerakan awal karakter, sehingga terjadi tabrakan gerakan.Karakter tersebut bergerak ke arah baru, yang akan diikuti oleh bagian/elemen karakter yang lain berapa frame berikutnya.
Overlapping action adalah gerakan karakter yang berubah arah pada saat bagian/elemen karakter akan melanjutkan gerakan awal karakter, sehingga terjadi tabrakan gerakan.Karakter tersebut bergerak ke arah baru, yang akan diikuti oleh bagian/elemen karakter yang lain berapa frame berikutnya.
6. Apa itu prinsip slow in and slow out
Slow in and
slow out adalah adalah gerak diperlambat atau gerak dipercepat.
7. Apa itu prinsip Archs
Archs adalah
gerakan yang sifatnya alami, missal gerakan sendi tangan yang terbatas. Gerakan
di sini disesuaikan dengan keadaan asli dari suatu tokoh kartun yang diadaptasi
dari keadaan nyata. Sebagai contoh, Arcs ditunjukkan pada lintasan tangan saat
melempar bola dan lintasan gerak bola.
Bentuk lengkung diatas menjadikan gerakan dalam animasi terlihat lebih bagus dan natural.
Bentuk lengkung diatas menjadikan gerakan dalam animasi terlihat lebih bagus dan natural.
8. Apa itu prinsip secondary action
Secondary
action adalah gerakan-gerakan tambahan yang dimaksudkan untuk memperkuat
gerakan utama supaya sebuah animasi tampak lebih realistik. Secondary action
tidak dimaksudkan untuk menjadi ‘pusat perhatian’ sehingga mengaburkan atau
mengalihkan perhatian dari gerakan utama. Kemunculannya lebih berfungsi
memberikan emphasize untuk memperkuat gerakan utama.
9. Apa itu prinsip timing
Leap Timing |
Walk Timing |
Timing
adalah tentang menentukan waktu kapan sebuah gerakan harus dilakukan, dengan
menggerakan animasi dengan waktu yang sesuai dan tepat tetapi perhitungan waktu
itu memerlukan perhitungan yang cukup matang agar pergerakan tidak terlalu
terlambat dan tidak terlalu cepat
10. Apa itu prinsip exaggeration
Exaggeration
adalah gerakan pengembangan dari gerakan normal dan bersifat dilebihlebihkan
atau upaya untuk mendukung suatu animasi dalam bentuk rekayasa gambar, musik
atau latar belakang yang bersifat hiperbolis.
Contoh :
ketika si ketua ninja tertawa, mata dan hidungnya naik membuat terlihat lucu
11. Apa itu prinsip solid drawing
Solid
drawing adalah gerakan animasi dengan memandang animasi sekalipun 2d memiliki
unsur tiga dimensi dalam hal ini perlu diperhatikan sekali seperti pencahayaan
untuk membentuk suatu gradasi gelap terang suatu tokoh agar tidak terlihat kaku
dan tampak 3d.
12. Apa itu prinsip appeal
appeal
adalah prinsip bahwa suatu karakter memiliki nilai personality tersendiri, dan
suatu karakter periang tentu akan memiliki mata dan pergerakan yang berbeda
dengtokoh yang pemurung atau pemalu.
Dan Dibawah ini merupakan contoh Film Ninja Rantarou yang telah diedit oleh kami berdasarkan ke -12 Prinsip Animasi diatas, CEKIDOT !!
Penjelasan 12 Prinsip dari Film yang kami edit:
1. Squash & Stretch :
- di menit 0:30 - 0:49 para ninja memainkan pipi teman mereka nampak seperti puding digoyang - goyang dan lentur :),
- di menit 0:50 - 0:53 ketika kucing membunyikan lonceng dan bergetar, nampak lonceng seperti hidup,
- di menit 0:54 - 1:00 kekita mereka lari dan salah satu teman berhenti sehingga saling bertabrakan.
2. Anticipation :
- di menit 1:04 ketika ninja cilik hendak melempar batu, dia melakukan ancang - ancang terlebih dahulu,
- di menit 1:17 - 1:25 ketika si ninja cilik hendak mengangkat temannya yang gendut tapi gagal :).
- di menit 2:07 saat temannya yang gendut hendak datang ke temannya yang dibagian sini, dimana jelas bahwa si gendut gambarnya pasti lebih kecil dari yang dekat dari pandangan kita, begitu juga sisanya.
- di menit 2:39 - 2:55 ketika mereka berjalan bersama - sama dan ada gerakan tubuh yang juga bergerak, dan mereka berlari ke arah baru,
- di menit 3:01 - 3:02 ketika seorang berlari dan berhenti diikuti rambut yang bergoyang.
- di menit 3:16 - 3:19 dimana ada gerakan lambat dan cepat, ketika nenek berlari agak lambat dan ninja berkacamata lebih cepat larinya ketika saling menghampiri, juga ketika berlari trus berhenti.
- di menit 3:42 - 3:57 ketika mereka memalingkan wajah kekiri dan kekanan,
- di menit 4:04 - 4:14 ketika mereka mengeleng - gelengkan kepalanya :).
- di menit 4:18 - 4:20 ketika si ninja gendut berlari dan diikuti gerakan tambahan tangan yang goyang - goyang.
- di menit 4:42 - 4:46 pada cara meminum, kita kalau minum langsung aja minum, di sini digambarkan taruh gelas dulu dimulut setelah itu kepala dan gelas sama - sama naik.
8. Timing :
- di menit 4:49 - 4:55 ketika salah satu ninja sedang bercerita sedangkan teman lainnya tertawa, butuh waktu yang tepat dengan suasana yang tepat.
- di menit 5:01 - 5:16 ketika mereka berlari kaget dan terpesona.
9. Solid Drawing :
- di menit 5:41 - 6:00 terlihat contoh gambar - gambar yang kaku dan terlihat seperti 3d.
10. Appeal :
- di menit 6:04 - 6:45 dimana setiap karakter mempunyai ciri sendiri, ada pemurung, pemalu, periang,dll.
- di menit 6:48 - 7:40 dimana ketika temannya bergelinding trus menabrak temannya hingga terbang, dan ketika ninja gendut makan terlalu banyak sampai pipinya jadi balon udara :), dll.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
makasih infofnya sangat menambah wawasan sekali
BalasHapuscara merawat hewan