Jumat, 23 Mei 2014

ARTIKEL TENTANG 12 PRINSIP ANIMASI

1. Apa itu prinsip squash and stretch

Squash and Stretch adalah upaya menambah efek lentur (plastis) pada objek atau figur sehingga seolah-olah ‘memuai’ atau ‘menyusut’ sehingga memberikan efek gerak yang lebih hidup. Penerapan squash and stretch pada figur atau benda hidup (misal : manusia, binatang, creatures) akan memberikan “enhancement” sekaligus efek dinamis terhadap gerakan/action tertentu, sementara pada benda mati (misal: meja, gelas, botol) penerapan squash and stretch akan membuat mereka (benda-benda mati tersebut) tampak atau berlaku seperti benda hidup.


2. Apa itu prinsip anticipation



Anticipation adalah persiapan sebelum aksi, yang diikuti oleh sebuah aksi kemudian penyelesaian aksi tersebut. Hal ini dapat membangkitkan ketegangan atau kelucuan pada suatu aksi tertentu atau lebih mudahnya anticipation itu sebuah gerakan yang berupa sebuah gerak persiapan sebelum pergerakan dilakukan atau istilahnya ancangancang, seperti tokoh yang bangkit dari duduk harus membungkukkan badannya terlebih dahulu sebelum benar-benar berdiri atau pada gerakan memukul, sebelum tangan maju harus ada gerakan mundur dulu atau sejenisnya. Dalam hal ini tokoh kartun dibuat agar tampak realistis bahwa sebelum bergerak sang tokoh harus bersiapsiap terlebih dahulu. Kartun-kartun klasik seperti popeye the sailor sering kali melakukan hal ini sebelum sang tokoh berlari.Gerakan antisipasi bertujuan agar penonton memahami apa yang akan terjadi berikutnya, jadi tidak langsung membuat orang tersebut misalnya tercebur ke kolam renang atau jatuh terpeleset atau meninju orang tanpa penonton tau apa penyebabnya. ini yang kadang dilupakan oleh orang-orang jadi seakan-akan penonton telah memahami jalan pikiran sang animator, sehingga film yang dilakukan tanpa adanya anticipation terdapat banyak keganjilan dan keanehan karena sang animator tidak begitu memahami akan prinsip ini.


3. Apa itu prinsip staging



Staging adalah gerak keseluruhan dalam sebuah adegan harus tampak jelas dan detail untuk mendukung suasana atau “mood” yang ingin dicapai dalam sebagian atau keseluruhan scene. Dalam hal ini sebuah kartun akan digambarkan menjadi sebuah shot yang mencakup angel, framing, dan scane leght.


4. Apa itu prinsip straight ahead and pose to pose



Straight ahead and pose to pose adalah gerak berdasarkan urutan dalam timing yang bersifat kesinambungan.
straight ahead action adalah membuat animasi dengan animator menggambarkan satu persatu gambar, frame by frame, dari awal sampai selesai seorang diri.
kelebihan :  gambar yg dihasilkan lebih konsisten karena dikerjakan oleh satu orang saja
kekurangan : pengerjaan jadi lebih lama dana yang digunakan lebih banyak karena bahan dan waktu yg lama mempengaruhi pada pembekakan biaya
Contohnya adalah film animasi buatan William Kentridge yang menggambar dengan karbon pada lembaran kertas yang besar.


Pose to Pose adalah pembuatan animasi dengan seorang animator menggambarkan hanya keyframe-keyframenya saja selanjutnya in-between atau interval antar keyframe digambarkan oleh asistennya atau oleh animator lainnya.
kelebihan :      pengerjaan ini lebih cocok untuk industri karena pengerjaan lebih cepat, karena melibatkan banyak sumber daya dana yang diperlukan lebih sedikit
contoh : gerakan orang berlari yang menggunakan frame gambar untuk memperlihatkan frame gambar terlihat lebih alami.


5. Apa itu prinsip follow through and overlapping action




follow through and overlapping action adalah pada saat tubuh dari karakter berhenti dari suatu arah gerakan tertentu secara tiba-tiba misalnya, maka semua bagian/elemen padah tubuh karakter tersebut tidak serta-merta berhenti, tapi akan melanjutkan arah gerak semula. Misalnya bagian tangan, rambut yang panjang, belali gajah, pakaian, atau ekor yang panjang. Hal inilah yang dinamakan follow through.

Overlapping action adalah gerakan karakter yang berubah arah pada saat bagian/elemen karakter akan melanjutkan gerakan awal karakter, sehingga terjadi tabrakan gerakan.Karakter tersebut bergerak ke arah  baru, yang akan diikuti oleh bagian/elemen karakter yang lain berapa frame berikutnya.


6. Apa itu prinsip slow in and slow out




Slow in and slow out adalah adalah gerak diperlambat atau gerak dipercepat.


7. Apa itu prinsip Archs


Archs adalah gerakan yang sifatnya alami, missal gerakan sendi tangan yang terbatas. Gerakan di sini disesuaikan dengan keadaan asli dari suatu tokoh kartun yang diadaptasi dari keadaan nyata. Sebagai contoh, Arcs ditunjukkan pada lintasan tangan saat melempar bola dan lintasan gerak bola. 
Bentuk lengkung diatas menjadikan gerakan dalam animasi terlihat lebih bagus dan natural.


8. Apa itu prinsip secondary action

Secondary action adalah gerakan-gerakan tambahan yang dimaksudkan untuk memperkuat gerakan utama supaya sebuah animasi tampak lebih realistik. Secondary action tidak dimaksudkan untuk menjadi ‘pusat perhatian’ sehingga mengaburkan atau mengalihkan perhatian dari gerakan utama. Kemunculannya lebih berfungsi memberikan emphasize untuk memperkuat gerakan utama.


9. Apa itu prinsip timing

Leap Timing
Walk Timing

Timing adalah tentang menentukan waktu kapan sebuah gerakan harus dilakukan, dengan menggerakan animasi dengan waktu yang sesuai dan tepat tetapi perhitungan waktu itu memerlukan perhitungan yang cukup matang agar pergerakan tidak terlalu terlambat dan tidak terlalu cepat



10. Apa itu prinsip exaggeration



Exaggeration adalah gerakan pengembangan dari gerakan normal dan bersifat dilebihlebihkan atau upaya untuk mendukung suatu animasi dalam bentuk rekayasa gambar, musik atau latar belakang yang bersifat hiperbolis.
Contoh : ketika si ketua ninja tertawa, mata dan hidungnya naik membuat terlihat lucu


11. Apa itu prinsip solid drawing


Solid drawing adalah gerakan animasi dengan memandang animasi sekalipun 2d memiliki unsur tiga dimensi dalam hal ini perlu diperhatikan sekali seperti pencahayaan untuk membentuk suatu gradasi gelap terang suatu tokoh agar tidak terlihat kaku dan tampak 3d.



12. Apa itu prinsip appeal


appeal adalah prinsip bahwa suatu karakter memiliki nilai personality tersendiri, dan suatu karakter periang tentu akan memiliki mata dan pergerakan yang berbeda dengtokoh yang pemurung atau pemalu.






Dan Dibawah ini merupakan contoh Film Ninja Rantarou yang telah diedit oleh kami berdasarkan ke -12 Prinsip Animasi diatas, CEKIDOT !!






Penjelasan 12 Prinsip dari Film yang kami edit:

1. Squash & Stretch :
  • di menit 0:30 - 0:49 para ninja memainkan pipi teman mereka nampak seperti puding digoyang - goyang dan lentur :),
  • di menit 0:50 - 0:53 ketika kucing membunyikan lonceng dan bergetar, nampak lonceng seperti hidup,
  • di menit 0:54 - 1:00 kekita mereka lari dan salah satu teman berhenti sehingga saling bertabrakan.

2. Anticipation :
  • di menit 1:04 ketika ninja cilik hendak melempar batu, dia melakukan ancang - ancang terlebih dahulu,
  • di menit 1:17 - 1:25 ketika si ninja cilik hendak mengangkat temannya yang gendut tapi gagal :).
3. Staging : 
  • di menit 2:07 saat temannya yang gendut hendak datang ke temannya yang dibagian sini, dimana jelas bahwa si gendut gambarnya pasti lebih kecil dari yang dekat dari pandangan kita, begitu juga sisanya.
4. Follow Through & Overlaping : 
  • di menit 2:39 - 2:55 ketika mereka berjalan bersama - sama dan ada gerakan tubuh yang juga bergerak, dan mereka berlari ke arah baru,
  • di menit 3:01 - 3:02 ketika seorang berlari dan berhenti diikuti rambut yang bergoyang.
5. Slow In & Slow Out :
  • di menit 3:16 - 3:19 dimana ada gerakan lambat dan cepat, ketika nenek berlari agak lambat dan ninja berkacamata lebih cepat larinya ketika saling menghampiri, juga ketika berlari trus berhenti.
6. Archs :
  • di menit 3:42 - 3:57 ketika mereka memalingkan wajah kekiri dan kekanan,
  • di menit 4:04 - 4:14 ketika mereka mengeleng - gelengkan kepalanya :).
7. Secondary Action :
  • di menit 4:18 - 4:20 ketika si ninja gendut berlari dan diikuti gerakan tambahan tangan yang goyang - goyang.
  • di menit 4:42 - 4:46 pada cara meminum, kita kalau minum langsung aja minum, di sini digambarkan taruh gelas dulu dimulut setelah itu kepala dan gelas sama - sama naik.

8. Timing :
  • di menit 4:49 - 4:55 ketika salah satu ninja sedang bercerita sedangkan teman lainnya tertawa, butuh waktu yang tepat dengan suasana yang tepat.
  • di menit 5:01 - 5:16 ketika mereka berlari kaget dan terpesona.

9. Solid Drawing :
  • di menit 5:41 - 6:00 terlihat contoh gambar - gambar yang kaku dan terlihat seperti 3d.

10. Appeal :
  • di menit 6:04 - 6:45 dimana setiap karakter mempunyai ciri sendiri, ada pemurung, pemalu, periang,dll.
11. Exaggeration :
  • di menit 6:48 - 7:40 dimana ketika temannya bergelinding trus menabrak temannya hingga terbang, dan ketika ninja gendut makan terlalu banyak sampai pipinya jadi balon udara :), dll. 
TERIMA KASIH..

1 komentar: