Jumat, 16 Mei 2014

Review Film Animasi 2D / Spirited Away

oleh : Destian Agung S / 702012088

Sinopsis : 



           Spirited Away bercerita tentang seorang anak yang bernama Chihiro. Bersama keluarganya Chihiro pindah ke kota baru. Keluarga itu kemudian memasuki seperti sebuah lorong tua, saat keluar dari lorong itu mereka menemukan sebuah kota kecil yang tidak berpenghuni.
Saat mereka memutari kota dengan berjalan kaki, mereka menemukan sebuah toko makanan dengan makanan yang masih hangat. Melihat makanan itu membuat sang ayah dan Ibu tergoda untuk memakanya untuk kemudian kedua orang tua Chihiro itu berubah menjadi seekor babi.
Tenyata kota itu adalah kota milik para hantu. Dengan bantuan haku, Chihiro bisa bekerja kepada Yubaba, pemilik hotel penguasa kota itu. Harapan Chihiro adalah dapat mengembalikan kedua orangtuannya kembali menjadi manusia dan bisa keluar dari kota itu dengan selamat. Tidak semua hantu ditempat ini jahat, disini Chihiro memiliki beberapa teman hantu yang care dengannya walaupun tahu kalau dia manusia. Hingga akhirnya Chihiro bertemu dengan Zeniba, saudara kembar dari Yubaba. Unsur drama dalam film ini menyiratkan pesan-pesan kehidupan yang membuat film ini sukses meraih banyak sekali penghargaan diantaranya Critic Choce Award sebagai best animated feature, Saturn Award sebagai best animated film, dan puncaknya adalah mendapatkan Oscar dengan kategori Best animated feature.


Pesan Moral : 

              “Pesan moral film ini cukup bagus Salah satunya adalah kerja keras dan pantang meyerah untuk  mengubah kemanjaan menjadi kemandirian”



Kelebihan dan Kekurangan : 
               kelebihannya lebih mudah dalam membuat. Cukup dengan menggambar per gambar kunci (keyframe) yang dijadikan sebagai patokan adegan dalam animasi. 
               Sedangkan kekurangannya cukup jelas, yaitu harus menggambar semua adegan dalam animasi. Misalkan untuk membuat animasi 5 detik dengan kecepatan 12 frame per second, maka perlu menggambar sebanyak 60 gambar sehingga membutuhkan waktu yang cukup lama.

Studio Film :
Distributor            : Ghibli International
Production            : Studio Ghibli, Nippon Television Network Corporation (NTV)
Director / writer   : Hayao Miyazaki
Producer               : Toshio Suzuki, Yasuyoshi Tokuma, Donald W.Ernst (English version)
Original Music     : Joe Hisaishi
Art Direction        : Yoji Takeshige

Tidak ada komentar:

Posting Komentar