Minggu, 18 Mei 2014

Review Film Animasi 2D / Lupin III : Mine Fujiko to iu Onna ( Lupin the Third : A woman Called Fujiko Mine )

Oleh : Samuel Gheri Yuwana / 232013325

Sinopsis :

Lupin III : Mine Fujiko to iu Onna adalah sebuah spin-off dari serial Lupin III (Lupin the Third) yang mengisahkan tentang masa lalu Mine Fujiko, salah satu pencuri yang menjadi saingan dari Lupin III (Lupin generasi ketiga). Dengan modal wajah yang cantik dan tubuhnya yang sexy, dia berhasil mengelabuhi banyak sekali pihak yang menghalanginya dalam melaksanakan aksi pencurian, termasuk Inspektur Zenigata - anggota kepolisian yang terobsesi untuk menangkap Lupin III. JIgen Daisuke – seorang bodyguard bayaran yang memiliki keahlian menembak yang sangat tinggi, namun lemah terhadap godaan wanita. Serta seorang samurai dengan keahlian pedang yang luar biasa bernama Ishikawa Goemon. Dengan sebuah kenyataan bahwa setiap lelaki yang ditemuinya dalam perjalanan hidupnya akan langsung jatuh cinta dengan pesona kewanitaanya.
Cerita ini dimulai dengan bertemunya Fujiko dengan Lupin III yang ingin mengetahui rahasia dari kesuksesan salah satu aliran agama yang memiliki banyak pengikut bernama The Fraulein Hoyle Cult, dimana sang pemimpin agama dapat mengendalikan pikiran pengikutnya sehingga mereka memberikan semua harta mereka untuk dapat hidup seatap dengan sang pemimpin di sebuah menara yang dinamakan The Fraulein Hoyle Tower. Ternyata, itu semua bersumber dari sebuah hipnotis masal yang dilakukan sang pemimpin dengan menggunakan sejenis cairan obat yang beraksi jika dihirup oleh orang lain. Kemudian, Lupin III dan Fujiko bekerja sama membongkar kedok sang pemimpin, dan mereka berpisah. Namun takdir kembali mempertemukan mereka di tempat lain., dan dalam keadaan yang jauh berbeda...

Dengan total 13 seri, masing-masing berdurasi sekitar 20 menit, animasi yang dibuat dengan gaya realis dan mirip dengan ilustrasi manga aslinya ini menjadi berbeda jika dibandingkan dengan animasi-animasi Jepang lainnya saat ini, yaitu dengan gaya yang unik dan terkesan seperti animasi tahun 80-90an. Tak hanya itu, konten yang disajikan juga memiliki kesan lebih gelap, dan memiliki alur cerita yang sedikit rumit namun tertata dengan rapi setiap episodenya, karena memang animasi ini ditujukan untuk penonton yang sudah dewasa (>17 th). Tetapi, dengan gaya animasinya yang unik tersebut, serial “Lupin III : Mine Fujiko to iu Onna” ini berhasil memenangkan penghargaan rookie award pada 16th Japan Media Arts Festival serta menjadi animasi paling innovative menurut Otaku USA.


Pesan Moral :

      “Hadapilah hidup dengan senyuman dan menjadi diri sendiri, meski terkadang kenyataan yang terjadi dalam kehidupan kita lebih pahit, tetapi itulah yang menjadi kebanggan kita dalam menjalani hidup di dunia ini.”

Kelebihan :
  •   Cerita yang disajikan menarik dan benar-benar tersusun dengan rapi.
  •   Memiliki ilustrasi animasi serta musik yang menarik dan berbeda dari animasi Jepang lainnya saat ini.

Kekurangan :
  • Menampilkan konten nudity dan dewasa dalam beberapa adegan, sehingga tidak disarankan bagi mereka yang masih dibawah 17 tahun.


Judul Asli            : LUPIN the Third ~峰不二子という女 (Rupan Sansei Mine Fujiko to iu Onna)
Studio                  : TMS/Po10tional
Genre                  : Adventure, Drama, Crime
Sutradara            : Sayo Yamamoto
Produser             : Seiji Okuda (executive producer)
                            Naoki Iwasa
                            Toshio Nakatani
                            Yu Kizoyono
Penulis Naskah  : Mari Okada (semua seri)
                              Itsuko Miyoshi (ep 2)
                              Dai Sato (eps 3, 7, 10)
                              Shinsuke Onishi (ep 5)
                              Junji Nishimura (ep 8)
Penata musik     : Naruyoshi Kikuchi
Lisensi               : Hanabee (AUS)
                             Funimation (NA)
                             Manga Entertainment (UK)
Jumlah Episode : 13

Tidak ada komentar:

Posting Komentar